Atasi Permasalahan Sampah DLH Kota Bengkulu Koordinasi ke BPPW Bengkulu

Mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu salah satunya adalah dengan memberdayakan TPS3R

0

Dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu salah satunya adalah dengan memberdayakan TPS3R. Saat ini TPS3R di Kota Bengkulu yang dibangun melalui dana APBN berjumlah sembilan yang tersebar dibeberapa lokasi belum berjalan sebagaimana fungsinya.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada Hari Kamis tanggal 17 Februari 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu yang diwakili JFT PEDAL ahli muda ir. Efrizal, SE, M.Sc dan Febri Ardiansyah, S.Sos, M.Si melakukan koordinasi ke Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu.
Pada koordinasi tersebut dibahas bagaimana keberlangsungsan dan mencari solusi TPS3R yang telah dibangun dan diserahkan kepada KSM yang sampai  saat ini belum beroperasi sebagaimana fungsinya.  BPPW Bengkulu sebagai yang membangun melalui Bapak Kevin menyampaikan keprihatinan kondisi tersebut dan kedepan akan melibatkan pihak DLH Kota Bengkulu dalam memberdayakan TPS3R sehingga kedepan pada saat Perjanjian penyerahan TPS3R ke Kelompok Swadaya Masyarkat (KSM), maka Dinas Lingkungan Hidup bisa melakukan Pembinaan dan memberdayakan potensi yang ada untuk mengatasi permasalahan sampah dengan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga melalui TPS3R.
Sedangkan untuk sejumlah TPS3R yg sudah dibangun dan kondisi nya terbengkalai BPPW Bengkulu sebenarnya menyerahkan sepenuhnya pengelolaannya Ke DLH Kota Bengkulu akan tetapi dikarenakan permasalahan kepemilikan dan penguasaaan aset, membuat DLH Kota belum bisa berbuat banyak. Selain itu pada kesempatan tersebut BPPW menawarkan solusi berupa batas waktu ke  KSM pengelola TPS3R untuk menjalankan fungsinya dan jika tidak berjalan pada batas waktu tertentu DLH Kota Bengkulu dapat menunjuk KSM yang baru agar TPS3R dapat beroperasi dengan lancar. (Feb)

Leave A Reply

Your email address will not be published.